Pages

Senin, 11 April 2011

    
PENYEBARAN GELOMBANG SUARA 
SAAT HUJAN TURUN 

Bicara soal fisika, tidak hanya berkaitan dengan teori - teori yang rumit. Kali ini kami mengajak kalian untuk REFRESHING dengan membahas hal - hal berbau Fisika dengan pembahasan yang simpel.
    Berawal dari betapa beruntungnya kami, karena saya mempunyai adik - adik (lebih tepatnya keponakan)  yang mempunyai banyak buku yang membahas mengenai pengetahuan - pengetahuan secara sederhana, karena memang buku semacam ini ditujukan untuk anak - anak. Buku ini dibuat Kim Seok - Cheon yang dibuat dalam 5 seri.

  Nah, kalo pada postingan sebelumnya kita membahas soal ALIEN, kali ini kita akan membahas topik lain.
Saat membaca buku ini dan ada sebuah pembahasan yang mengingatkan kami pada soal UTS yang bertanya "Kenapa saat ada halilintar kita harus membuka mulut??" (kira - kira seperti itu soalnya. hehe) 
   Walau memang terlihat tidak nyambung, tapi ada hubungannya walau sedikit.
   
   Masalah kali ini diawali dari pertanyaan "Mengapa saat suara terdengar lebih jelas saat mendung daripada saat cuaca cerah?"
  JAWABANNYA ADALAHhhhhhhh..

  Ketika turun hujan, temperatur udara yang dekat dengan permukaan Bumi lebih rendah daripada temperatur udara lapisan atas. Bila ini terjadi, udara di dekat permukaan tanah menjadi berat, sehingga tidak bisa naik ke lapisan atas. Suhu udara di lapisan atas pun menjadi ringan, sehingga tidak bisa turun ke lapisan bawah. Karena hampir tidak pernah ada pergerakan udara, suara pun tidak begitu menyebar jauh. Akan tetapi, karena kelembapan udaranya tinggi, getaran udara cepat disampaikan. Karena itu, suara lebih terdengar jelas saat cuaca mendung dari pada saat cuaca cerah. Begitu kawannnn... 



Laughing at our mistakes can lengthen our own life. Laughing at someone else's can shorten it.

Cullen Hightower


0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN PESAN ShoutMix chat widget